EFEKTIVITAS E-LEARNING MODEL BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA

  • Eddy Bambang Soewono
Keywords: e-learning, bimbingan belajar, multimedia

Abstract

Kesempatan belajar di luar sekolah dengan pendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia diharapkan dapat
membantu para siswa untuk mencapai hasil belajar di sekolah yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh dari pendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika
siswa. Penelitian eksperimen ini mengambil populasi sekolah SMA di Kabupaten Bandung yang dalam pembelajarannya
belum pernah menggunakan multimedia dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Sampel dari penelitian ini adalah
kelas XII SMA 1 Baleendah. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan belajar matematika dan angket
respon siswa terhadap pendekatan belajar yang digunakan. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan belajar matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0.05 untuk siswa
yang menggunakan pendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia dibandingkan dengan kelas kontrol yang
menggunakan pembelajaran biasa.

Published
2018-02-02