Perencanaan Strategi Dan Implementasi Sistem Penjualan Umkm Go-Digital Berbasis Web (Studi Kasus Umkm Eskimo)
Abstract
Dalam proses pengembangan perekonomian Indonesia, kenaikan energi saing Usaha
Mikro Kecil Menengah (UMKM) patut dibenahi karena berkaitan dengan pertumbuhan
ekonomi Indonesia. Serta hadirnya upaya peningkatan daya saing untuk UMKM, sektor
pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa semakin besar dan faktor-faktor penting lainnya guna
meningkatkan daya saing yaitu adanya implementasi teknologi informasi. Dengan
hadirnya strategi peningkatan daya saing bagi UMKM, sektor pembangunan perekonomian
Indonesia akan makin besar salah satu faktor yang penting guna meningkatkan daya saing
yaitu dengan menggunakan teknologi informasi. Metode yang digunakan untuk
perencanaan dan strategi UMKM go digital menggunakan SWOT dan requirement
planning sedangkan untuk pengembangan sistem menggunakan metode rapid application
development. Penelitian ini bertujuan untuk pengimplementasian dari strategi go digital
dan strategi marketing online yang perlu dilakukan oleh UMKM Eskimo. Perencanaan dan
strategi go digital UMKM Eskimo ini memerlukan dua metode pengumpulan data yaitu
analisis SWOT dan requirement planning untuk mengetahui go digital yang harus di
implementasikan. Sedangkan untuk mendukung perencanaan strategi dan implementasi
UMKM Go-Digital dari faktor internal yaitu menggunakan analisis SWOT dan sistem
penjualan berbasis web sedangkan untuk mendukung faktor eksternalnya diperlukan
pengimplementasian strategi digital marketing.