E-Learning Berbasis Android Memanfaatkan Augmented Reality (Studi Kasus: Pelajaran IPA Sekolah Dasar Materi Planet Tata Surya)

  • Parno Parno Universitas Gunadarma
  • Dion Yudha Agustinus Universitas Gunadarma
Keywords: Planet, Augmented Reality, Unity3D, Android, Mobile

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah pengabunggan dunia nyata dan virtual yang bersifat interaktif
secara real time, dan merupakan animasi tiga dimensi. Pada penulisan ini teknologi AR akan diterapkan
dalam bidang ilmu pengetahuan umum untuk siswa Sekolah Dasar untuk memperkenalkan informasi
pada Planet Tata Surya. Aplikasi ini memberikan informasi seputar jarak, variasi, bentuk, dan ukuran
tertentu pada setiap planet, serta marker berupa gambar planet yang akan menampilkan objek tiga
dimensi yang sesuai. Metode Penulisan ini menggunakan metode SDLC yang terdiri dari Perencanaan,
Analisis, Perancangan, Pengkodean dan Uji Coba. Objek 3D tersebut dibuat melalui aplikasi
pengolahan objek tiga dimensi seperti Blender. Untuk tools yang digunakan terdapat Unity3D.
Kemudian untuk tools AR menggunakan Vuforia SDK. Dalam pembuatannya menerapkan unsur-unsur
menarik pada marker sehingga dapat membuat pengguna tertarik untuk mengenal seputar Planet Tata
Surya. Hasil aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh banyak orang terutama sebagai metode pembelajaran
siswa Sekolah Dasar dan juga dapat digunakan sebagai media tambahan dalam mengenalkan Planet
Tata Surya dengan cara baru dan informatif.

Published
2022-11-01