ANALISIS SENTIMEN TANGGAPANPUBLIC MENGENAI E-TILANG MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

  • Zalsa Nanda Aulia Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Gilang Kuncoro Jati Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Imam Santoso Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Analisis sentimen, E-Tilang, Naive Bayes

Abstract

E-tilang merupakan sistem tilang elektronik yang digunakan oleh pemerintah dalam penegakan hukum lalu lintas. Dalam penelitian ini melakukan analisis sentimen tentang sistem e-Tilang atau opinion mining untuk mengelompokan ragam komentar masyarakat yang memberikan kesan positif, negatif atau netral. Media sosial youtube menjadi salah satu objek untuk menyampaikan opini karena user friendly, topik ter-update, dan terbuka mengakses komentar. Opini pada Youtube dikumpulkan, lalu dilakukan tahapan preprocessing, selanjutnya dengan seleksi membantu mengurangi noise yang disebabkan oleh label-label yang tidak relevan. Untuk Data set yang dikelola sebanyak 500 data. Algoritma naive bayes pengklasifikasian tidak membutuhkan adanya pemodelan maupun uji statistik. Tahap selanjutnya adalah klasifikasi sentimen dengan algoritma Nae Bayes Penelitian ini menghasilkan accuracy 79,44%.

Published
2023-06-30