Penerapan Teknik Prototyping pada Layanan Keanggotaan Untuk Bisnis Klub Olahraga
Abstract
Klub olahraga adalah bisnis yang memberikan sarana untuk menunjang gaya hidup sehat
untuk klien, ada banyak fasilitas yang diberikan oleh klub olahraga pada umumnya, yakni kolam
renang, fitness, bela diri dan lain-lain. Pada umumnya klub olahraga mempunyai layanan
keanggotaan untuk para klien, dengan layanan keanggotaan tersebut memperoleh keistimewaan
untuk klien maupun pihak klub olahraga. Masih ada klub olahraga yang tidak memanfaatkan
teknologi dengan penuh sehingga masih terkendala dalam menjalankan bisnisnya seperti proses
registrasi, rekap data, hingga hak akses fasilitas bagi anggota. Dari persoalan yang ada maka
peneliti bermaksud merancang sebuah prototipe untuk para bisnis klub olahraga untuk membantu
dalam menjalankan bisnisnya. Teknik perancangan yang diimplementasikan menggunakan teknik
Prototyping. Dalam melakukan penelitian, penulis melakukan wawancara, observasi serta studi
literatur untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan penelitian. Prototipe ini dapat
dijadikan sebagai acuan untuk dibuat aplikasi oleh pengembang sehingga dapat diterapkan oleh
pihak bisnis klub olahraga. Hasil pengetesan pada prototipe dilakukan menggunakan teknik
pengetesan kotak hitam, pada gambar pengetesan yang dilakukan memperoleh hasil yakni secara
keseluruhan sesuai dengan yang diharapkan user.