Analisis Kepuasan Pengguna Website Kampus Berdampak Menggunakan Metode EUCS Dan Webqual 4.0 di Perguruan Tinggi
Abstract
Kemajuan dalam bidang teknologi informasi berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan kita,
termasuk dalam pendidikan. Hal ini mendorong para pemangku kepentingan yang ada di
pemerintahan dan juga universitas untuk dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan ini untuk
memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelajar. Website Kampus Berdampak Universitas Nusa
Mandiri diciptakan agar memudahkan dan segala kebutuhan administrasi program Kampus
Berdampak. Akan tetapi website ini belum memiliki indikator terhadap kepuasan penggunanya,
yang dimana hal ini menjadi salah satu hambatan dalam memberikan pelayanan terhadap
mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa puas pengguna website ini
menggunakan metode EUCS dan juga Webqual 4.0. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang
merupakan mahasiswa semester 6 & 8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rata – rata
kepuasan pengguna website dengan menggunakan metode Kaplan dan Norton adalah sebesar 3,73
yang masuk kedalam kategori puas dan untuk hasil analisis dengan menggunakan pendekatan PLSSEM,
terdapat 3 variabel dari EUCS dan Webqual 4.0 yang berpengaruh terhadap kepuasan
pengguna yaitu variabel Usability, Information Quality dan Service Interaction dengan masing –
masing nilai T-test pada Usability -> 2,504, Information Quality -> 2,188, Service Interaction ->
2,341 yang memiliki nilai diatas 1,96 dan nilai Path Coefficient pada masing – masing variabel
Usability -> 0,280, Information Quality -> 0,228 dan Service Interaction -> 0,249 yang memiliki
nilai diatas 0,1 dengan kesimpulan bahwa aspek – aspek tersebut memiliki dampak yang signifikan.