PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN MAKANAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA MOKOPI PURI

  • Naditra Santosa Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Tri Ismardiko Widyawan Universitas Esa Unggul, Jakarta
Keywords: Teknologi digital, Pemesanan Makanan, Design Thinking, User Interface, User Experience, System Usability Scale

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan bagi industri makanan, termasuk di
kafe Mokopi di Kota Tangerang yang menghadapi tantangan terkait waktu tunggu yang lama akibat
penggunaan sistem pemesanan manual di kasir. Hal ini menyebabkan antrean panjang dan menurunnya
tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini mengusulkan pembuatan aplikasi pemesanan makanan berbasis
ponsel dengan fitur pemindaian kode batang untuk meningkatkan efisiensi layanan. Aplikasi tersebut
memungkinkan pelanggan untuk melihat menu, melakukan pemesanan, dan membayar secara mandiri.
Proses perancangan menggunakan metode Design Thinking (empathize, define, ideate, prototype, test)
dengan tujuan untuk menghasilkan desain UI/UX yang mudah dan intuitif. Keberhasilan aplikasi ini akan
dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur pengalaman pengguna.
Diharapkan, aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan di Mokopi

Published
2026-07-01