Membangun Sistem E-Learning Interaktif Dengan Chatbot Untuk Pembelajaran Di SMA Ksatrya 51 Jakarta
Abstract
Kemajuan teknologi informasi mendorong perubahan besar dalam pendidikan, terutama
melalui pembelajaran daring yang lebih fleksibel. Namun, pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di tingkat SMA, keterbatasan interaksi pendidik dan kemandirian peserta didik
masih menjadi kendala. Penelitian ini fokus merancang dan mengimplementasikan
platform e-learning interaktif berbasis web yang dipadukan dengan asisten virtual berbasis
kecerdasan buatan generatif untuk mendukung pembelajaran peserta didik kelas X SMA
Ksatrya 51 Jakarta. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, meliputi
tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan penilaian. Uji coba dilakukan
dengan metode Blackbox Testing serta evaluasi menggunakan System Usability Scale
(SUS) terhadap 30 peserta didik dan seorang pendidik. Hasil menunjukkan semua fitur
berjalan baik dengan skor SUS 78,5 yang masuk kategori “baik”. Sistem ini terbukti
mendorong kemandirian belajar peserta didik serta membantu pendidik dalam pengelolaan
kelas