Rancang Bangun Sistem CRM Berbasis Web Untuk Meningkatkan Loyalitas Pada Warung Kopi Zonerone

  • Fika Fadlul Maulaya Universitas Budi Luhur
  • Wiwin Windihastuty Universitas Budi Luhur

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan faktor penting dalam menjaga loyalitas konsumen dan
keberlangsungan bisnis di industri makanan dan minuman yang sangat kompetitif. Pada era digital
seperti saat ini, dibutuhkan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk dapat
bersaing dalam menjangkau konsumen dan membangun hubungan jangka panjang. Berdasarkan
hal tersebut Warung Kopi Zonerone sebagai salah satu pelaku usaha kecil menengah (UKM)
bermaksud untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan dan produk yang
ditawarkan. Penelitian ini merupakan perancangan E-CRM untuk menarik konsumen baru dan
loyalitas konsumen. Tujuan dari sistem E-CRM ini untuk membantu pemilik warung dalam
mengelola hubungan pelanggan secara lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif. Perancangan sistem E-CRM ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi
pemesanan serta mempermudah interaksi dengan konsumen. Wawancara dan observasi langsung,
serta data yang telah ada sebagai dasar merancang sistem E-CRM, selain itu dengan pendekatan
Unified Modeling Language (UML). Merancang proses bisnis yang berfokus pada CRM
(Customer Relationship Management) diharapkan dapat membangun dan menjaga hubungan serta
komunikasi yang baik antara bisnis dan pelanggan. Dengan begitu, loyalitas pelanggan pun akan
meningkat. Dengan menerapkan sistem E-CRM, Warung Kopi Zonerone diharapkan dapat
meningkatkan daya saingnya di era digital saat ini.
Kata kunci : Warung Kopi, Kepuasan Pelanggan, Jangkauan Pasar, e-CRM

Published
2026-03-01
How to Cite
Fika Fadlul Maulaya, & Wiwin Windihastuty. (2026). Rancang Bangun Sistem CRM Berbasis Web Untuk Meningkatkan Loyalitas Pada Warung Kopi Zonerone. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 10(1), 33-41. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v10i1.5700