KLASIFIKASI NILAI AKADEMIK SISWA BERDASARKAN HASIL PEMERIKSAAN PSIKOLOGI PADA PROSES 1, PENERIMAAN SISWA BARU
Abstract
Nilai akademik siswa merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan mutu pendidikan
sebuah sekolah. Tidak semua siswa dengan kecerdasan intelektual yang tinggi (diatas rata-rata)
memiliki nilai akademik yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi Nilai
akademik siswa berdasarkan hasil pemeriksaan psikologik calon siswa pada psoses penerimaan
siswa baru. Terdapat beberapa metode klasifikasi yang dapat digunakan dalam menggali pola
klasifikasi data, dalam penelitian ini akan digunakan metode C4.5 untuk menghasilkan klasifikasi
nilai akademik siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah dapat memetakan potensi
akademik siswa berdasarkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi siswa, untuk
mendapatkan klasifikasi nilai akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa
faktor yang paling dominan mempengaruhi nilai akademik siswa adalah kecerdasan intelektual,
dengan akurasi 54,17%.