DESAIN GAME EDUKASI GERAKAN SEMAPHORE BERTEKNOLOGI KINECT MENGGUNAKAN FRAMEWORK MECHANICS DYNAMICS AESTHETICS

  • Mochammad Ganjar Nugraha Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Rezki Yuniarti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Agus Komarudin Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: game edukasi, Mechanics Dynamics Aesthetics, sandi semaphore

Abstract

Game edukasi dapat diterapkan di berbagai bidang dan menggunakan berbagai
macam teknologi salah satunya adalah di bidang pramuka dalam memberikan
edukasi mengenai sandi semaphore menggunakan teknologi kinect. Sensor kinect
dapat menangkap titik–titik pada tubuh yang disebut dengan joint. Dalam kegiatan
kepramukaan dibutuhkan kemampuan untuk memahami sandi semaphore karena
biasanya dalam kegiatan pramuka diadakan perlombaan semaphore sehingga
diperlukan sebuah gameplay pada game yang dapat memberikan edukasi sandi
semaphore kepada pemain agar pemain dapat memahami sandi semaphore tersebut.
Penelitian mengenai media pembelajaran semaphore menggunakan kinect sudah
pernah dilakukan dengan menghasilkan sistem yang dapat menerjemahkan sandi
semaphore, namun tidak dikemas dalam produk game. Pada penelitian ini
mengemas pengenalan gesture semaphore kedalam sebuah game edukasi dengan
menggunakan kinect untuk membaca joint tubuh yang kemudian dikenali sebagai
sandi semaphore, manfaat dari penelitian ini adalah melatih pemain dalam
mengingat dan memahami sandi semaphore, pembuatan desain game edukasi
dilakukan dengan menggunakan pendekatan Mechanics Dynamic Aesthetics yaitu
pendekatan formal untuk memahami game yang mencoba menjembatani
kesenjangan antara desain dan pengembangan game, kritik game, dan penelitian
teknis game.

Published
2019-11-13