Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dengan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Menggunakan Multimedia Pembelajaran Game Edukasi
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang ada yaitu rendahnya tingkat pemahaman siswa dan sulitnya guru untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman siswanya pada materi Html dalam mata pelajaran Pemrograman Web, untuk itu peneliti mencoba membuat sebuah multimedia yang dapat membantu siswa untuk meningkatakan kemampuan kognitif khususnya pada materi yang berupa konsep, selain itu juga untuk membatu guru dalam mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana cara membangun media pembelajaran untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada mata pelajaran pemrograman web pada siswa. 2) Untuk mengetahui apakah metode Certainly of Response Index efektif untuk diterapkan pada sebuah media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Siklus Hidup Menyeluruh (SHM).