Analisis steam : Project based learning mata kuliah desain teksti

  • Dewi Suliyanthini Universitas Negeri Jakarta
  • Harsuyanti Lubis Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Steam, tie dye, shibori, lms, pbl

Abstract

Pembelajaran melalui Web Learning Management System (LMS) Models mata kuliah desain
tekstil, dengan analisis steam (scince, technology, engeenering, art, match) sejak pandemic,
menghasikan hasil belajar dan kreativitas yang tersampaikan secara optimal. Perpaduan dan
pencampuran warna pada motif tekstil hasil pencelupan teknik tie dye shibori. Melalui proses
belajar Project Base Learning (PBL). Mahasiswa dapat mengembangkan ide kreatif dan inovatif
dalam menghasilkan product karya tie dye shobori. Hasil praktikum dianalisis berdasarkan :
(science) sifat kimia fisika textile, (techonolgy) proses dyeing, (enggering) teknik ikat dan teknik
warna dalam pencelupan, (art) hasil karya produk seni tie dye shibori, (match) bentuk simetris
repeat motif: dalam matematika dinamakan dengan istilah kelipatan. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pembelajaran dengan LMS, metode PBL (project based learning) mata kuliah desain
tekstil, menghasilkan berfikir kreatif dalam menganalisis tahapan proses dalam teknik membuat
produk karya seni

Published
2021-10-30