Karakteristik Jalur Pejalan Kaki dan Pesepeda dalam Efektivitas Kawasan TOD Di Dukuh Atas Jakarta

  • Dwi Ayu Pitaloka Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Fitri Suryani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Dwi Dinariana
  • Hari Nugraha Nurjaman
Keywords: Transit Oriented Development, pejalan kaki, sepeda, Dukuh Atas, Transportasi Terintegrasi, Efektivitas

Abstract

Penelitian ini mengevaluasikan karakteristik jalur pejalan kaki dan sepeda serta keefektifan kawasan Dukuh Atas sebagai kawasan Transit Oriented Development (TOD) di Jakarta. Dukuh Atas merupakan pusat transportasi yang mehubungkan berbagai moda transportasi seperti KRL, MRT, LRT, dan TransJakarta. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menganalisa bagaimana karakteristik jalur pejalan kaki dan pesepeda di Dukuh Atas, serta menilai keefektifan integrasi moda transportasi di kawasan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan survei kuisioner kepada pengguna transportasi publik, serta analisis statistik dengan SPSS untuk mengevalusi hasil survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun fasilitas jalur pejalan kaki di Dukuh Atas memadai, namun masih terdapat kekurangan dalam aspek kenyamanan dan peneduhan atau pelindung. Selain itu jalur sepeda belum sepenuhnya terintegrasi dengan baik. Secara keseluruhan, kawasan TOD ini berfungsi cukup efektif dalam mengintegrasikan berbagai moda transportasi. Namun, peningkatan pada insfrastruktur pejalan kaki dan sepeda diperlukan untuk mencapai optimalisasi kawasan TOD

Published
2024-10-26