The Design and Implementation of an Online Ticket Reservation Application at PT Maju Terus

  • Hery Hery Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Nico Chandra Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Calandra A. Haryani Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Andree E. Widjaja Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Arnold Aribowo Universitas Pelita Harapan, Tangerang
Keywords: Desain, Aplikasi, Reservasi, E-Ticketing

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju telah mendorong perusahaan untuk bersaing dalam memanfaatkan sistem informasi untuk mendukung proses bisnis mereka. PT Maju Terus adalah perusahaan yang menyediakan layanan angkutan umum darat yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat. Perusahaan ini belum mengadopsi aplikasi sistem informasi dalam proses bisnisnya. Semua kegiatan reservasi antara perusahaan dan calon penumpang masih mengikuti metode konvensional, di mana calon penumpang harus mengunjungi atau menghubungi perusahaan untuk melakukan reservasi. Pencatatan reservasi oleh perusahaan perlu dilakukan secara terpusat, yang mengarah pada proses reservasi yang tidak efektif dan efisien. Desain aplikasi reservasi tiket online untuk PT Maju Terus akan dikembangkan menggunakan metodologi Rapid Application Development (RAD), dengan memanfaatkan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP). Unified Modeling Language 2.5 (UML 2.5) akan digunakan dalam desain sistem yang diusulkan ini, termasuk use case, diagram aktivitas, dan diagram kelas. Tujuannya adalah untuk menggambarkan alur dan hak akses yang dimiliki oleh sistem yang diusulkan. Desain aplikasi reservasi tiket online ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis operasional perusahaan serta meningkatkan kepuasan pelanggan PT Maju Terus.

Published
2024-11-04