Analisis Paired Sample T-Test untuk Mengukur Efektivitas Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pemasaran Desa Wisata
Abstract
maja karang taruna yang masih terbatas. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut perlu adanya pelatihan
digital marketing pada remaja yang tergabung dalam Karang Taruna agar para remaja tumbuh besar di era
digital dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi dan media sosial. Tujuan penelitian :
untuk mengevaluasi perubahan dalam pengetahuan digital marketing yang dimiliki oleh remaja karang
taruna dan untuk mengukur sejauh mana peningkatan yang terjadi dalam pengetahuan digital marketing
remaja Karang Taruna sebelum dan sesudah pelatihan keterampilan digital marketing Jenis Penelitian
adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental (one group pretest-posttest design). Teknik sampling:
Purposive sampling.Pengukuran variabel penelitian: pengetahuan dasar digital, konten dan strategi digital,
penggunaan tools dan platform, kesiapan diri dan kepercayaan. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen
menunjukkan valid dan reliable. Hasil uji normalitas data variable menunjukkan nilai sig ( p value >0,05)
pre test dan post test berdistribusi normal. Hasil paired sampel t-test menunjukkan p-value < 0,05 berarti
terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara skor sebelum dan setelah pelatihan.. Implikasinya : (1)
Pelatihan yang diberikan berdampak nyata pada variabel penelitian, (2) Rata-rata skor setelah pelatihan
lebih tinggi dibanding sebelum pelatihan, (3) Secara praktis, hal ini menunjukkan bahwa pelatihan digital
marketing berhasil meningkatkan pengetahuan dasar digital (hasil effect size sebesar 0,700 (large effect),
konten dan strategi digital (hasil effect size sebesar 0,808 (large effect), penggunaan tools dan platform
(hasil effect size sebesar 0,722 (large effect), kesiapan diri dan kepercayaan. (hasil effect size sebesar 0,722
(large effect)