Dukungan Sosial, Harga Diri dan Iklim Sekolah Pada Psychological Well-Being Siswa Kelas XI Di Jakarta.

  • Sri Sintawati Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial, harga diri dan iklim sekolah
terhadap psychological well-being siswa kelas XI di SMAN”X” di Jakarta Pusat. Sampel 100 siswa
kelas XI di SMAN ”X” yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Jakarata. Pengambilan
sampel menggunakan teknik culster random. Sedangkan untuk analisis instrumen menggunakan
Cronbach’s Alpha diperoleh reliabilitas masing-masing variabel adalah: psychological well-being
0,701, dukungan sosial 0,843, iklim sekolah 0,807 dengan menggunakan skala Likert (rentang 1-
5) dan variabel harga diri (0,678) menggunakan skala Semantic Differencial (rentang 1-
7).Penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh positif dukungan soial terhadap psiychological
well-being siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,494 signifikansinya 0,000 (23,6%) dan iklm
sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap psichological well-being siswa dengan
nilai korelasi sebesar 0,042 dengan signifikansi 0,017 (4,3%). Harga diri dalam penelitian ini tidak
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap psychological well-being yaitu korelasi sebesar
0,141 dan nilai signifikannya sebesar 0,165.

Published
2024-02-01