Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Ketangkasan Belajar terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Perilaku Kewargaan Organisasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan melayani dan ketangkasan
belajar terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh perilaku kewargaan organisasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah 667 orang karyawan divisi Sales wilayah Jakarta di PT X, dengan
sampel sebesar 248 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur (path
analysis) menggunakan program JASP versi 0.19.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1)
ada pengaruh signifikan kepemimpinan melayani terhadap kinerja karyawan; (2) ada pengaruh
signifikan ketangkasan belajar terhadap kinerja karyawan; (3) ada pengaruh signifikan perilaku
kewargaan organisasi terhadap kinerja karyawan; (4) ada pengaruh signifikan kepemimpinan
melayani terhadap perilaku kewargaan organisasi; (5) ada pengaruh signifikan ketangkasan belajar
terhadap perilaku kewargaan organisasi; (6) ada pengaruh signifikan kepemimpinan melayani
terhadap kinerja dengan perilaku kewargaan organisasi sebagai mediator; (7) ada pengaruh
signifikan ketangkasan belajar terhadap kinerja dengan perilaku kewargaan organisasi sebagai
mediator; (8) Ada pengaruh signifikan kepemimpinan melayani dan ketangkasan belajar terhadap
kinerja dengan perilaku kewargaan organisasi sebagai mediator