https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/jurnalcontiguity/issue/feed Contiguity: Jurnal Psikologi 2025-04-30T11:05:51+07:00 Sularso Budilaksono sularso2007@gmail.com Open Journal Systems <p>Contiguity: Jurnal Psikologi sebagai publikasi tulisan artikel ilmiah di bidang Psikologi baik Psikologi Klinis maupun Psikologi Industri.</p> <p>E-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240209481336858">3032-6648</a></p> <p>P-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1180430345">1411-3627</a></p> https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/jurnalcontiguity/article/view/4719 Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah 2025-04-30T11:05:51+07:00 Sheryl Selena Cynthia sheryl.selena.cynthia@upi-yai.ac.id Sondang Maria J Silaen sondang.silaen@upi-yai.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada siswa sekolah menengah di Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 siswa berusia 14-16 tahun yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert yang mencakup skala resiliensi akademik, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial. Pengolahan data dilakukan menggunakan program JASP 0.19.1.0 for Windows. Hasil analisis data melalui uji bivariate correlation menunjukkan adanya hubungan signifikan antara efikasi diri dengan resiliensi akademik serta antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada siswa sekolah menengah. Hasil analisis menggunakan metode stepwise menunjukkan bahwa efikasi diri memiliki kontribusi yang lebih dominan terhadapresiliensi akademik.</p> 2025-02-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/jurnalcontiguity/article/view/4720 Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Ketangkasan Belajar terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Perilaku Kewargaan Organisasi 2025-04-30T11:05:44+07:00 Risma Jayanti rismajayantipsi2@gmail.com Erdina Indrawati erdina.indrawati@upi-yai.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan melayani dan ketangkasan<br>belajar terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh perilaku kewargaan organisasi. Populasi<br>dalam penelitian ini adalah 667 orang karyawan divisi Sales wilayah Jakarta di PT X, dengan<br>sampel sebesar 248 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur (path<br>analysis) menggunakan program JASP versi 0.19.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1)<br>ada pengaruh signifikan kepemimpinan melayani terhadap kinerja karyawan; (2) ada pengaruh<br>signifikan ketangkasan belajar terhadap kinerja karyawan; (3) ada pengaruh signifikan perilaku<br>kewargaan organisasi terhadap kinerja karyawan; (4) ada pengaruh signifikan kepemimpinan<br>melayani terhadap perilaku kewargaan organisasi; (5) ada pengaruh signifikan ketangkasan belajar<br>terhadap perilaku kewargaan organisasi; (6) ada pengaruh signifikan kepemimpinan melayani<br>terhadap kinerja dengan perilaku kewargaan organisasi sebagai mediator; (7) ada pengaruh<br>signifikan ketangkasan belajar terhadap kinerja dengan perilaku kewargaan organisasi sebagai<br>mediator; (8) Ada pengaruh signifikan kepemimpinan melayani dan ketangkasan belajar terhadap<br>kinerja dengan perilaku kewargaan organisasi sebagai mediator</p> 2025-02-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/jurnalcontiguity/article/view/4721 Kontrol Diri dan Keharmonisan Keluarga Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta 2025-04-30T11:05:46+07:00 Difia An Nisa difia.2465290030@upi-yai.ac.id Dhyanti Poerwandhani dhyanti.2465270016@upi-yai.ac.id Wahid Adi Nugroho Mandera wahid.2465270013@upi-yai.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri dan keharmonisan keluarga<br>terhadap perilaku kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta.<br>Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan desain penelitian korelasional. Sebanyak 175<br>siswa menjadi sampel penelitian, yang dipilih menggunakan teknik cluster. Data dikumpulkan<br>menggunakan kuesioner yang dirancang menggunakan skala Likert. Uji validitas dan reliabilitas<br>dilakukan untuk memastikan alat ukur memiliki kualitas terbaik. Pengendalian diri dan perilaku<br>kenakalan remaja memiliki hubungan yang sangat negatif (r = -0,869, p &lt;0,05), menurut temuan<br>penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa ketika pengendalian diri meningkat, kenakalan remaja<br>menurun. Selain itu, terdapat hubungan terbalik yang signifikan antara keharmonisan keluarga dan<br>perilaku kenakalan remaja (r = -0,805, p &lt;0,05). Hal ini menyiratkan bahwa tingkat kenakalan<br>remaja menurun seiring dengan keharmonisan keluarga. Penelitian multivariat menunjukkan<br>bahwa pengendalian diri dan keharmonisan keluarga secara bersama-sama memengaruhi perilaku<br>nakal remaja (R2 = 0,789, p &lt; 0,05). Pengendalian diri dan keharmonisan keluarga merupakan dua<br>elemen yang masing-masing berkontribusi sebesar 75,4% dan 3,5% terhadap perilaku nakal<br>remaja.</p> 2025-02-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/jurnalcontiguity/article/view/4722 Edukasi Pendidikan Seksual Pada Anak Di Taman Pesisir Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara 2025-04-30T11:05:47+07:00 Evi Syafrida Nasution evi.syafrida.nasution@upi-yai.ac.id <p>Pelecehan seksual telah menjadi isu nasional belakangan ini, dengan usia korban yang<br>masih di bawah umum. Dalam upaya melindungi diri dari pelecehan seksual,<br>dibutuhkan adanya pengetahuan anak terhadap perilaku yang termasuk ke dalam<br>pelecehan seksual dan bagaimana cara melindungi diri agar terhindar dari perilaku<br>pelecehan seksual. Oleh karena itu, penyuluhan terkait pendidikan seksual sangat<br>dibutuhkan. Kegiatan penyuluhan ini diadakan di Taman pesisir Kelurahan Kalibaru,<br>Jakarta Utara. PKM ini bertujuan untuk memberikan edukasi pendidikan seksual pada<br>anak. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Adapun hasil dari pre-test<br>terlihat adanya ketidaktahuan atau minimnya pemahaman anak-anak mengenai materi<br>pendidikan seksual, namun setelah pemberian materi dan sesi diskusi selesai<br>dilaksanakan, hasil post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan anak terkait<br>materi pendidikan seksual. Simpulan dari kegiatan PKM ini adalah kegiatan edukasi<br>pendidikan seksual pada anak di pesisir pantai Jakarta Utara tidak hanya berhasil dalam<br>memberikan pengetahuan, tetapi juga dalam membentuk sikap dan keterampilan yang<br>memberdayakan anak-anak untuk melindungi diri dari potensi risiko kekerasan<br>seksual. Upaya ini memiliki dampak positif yang signifikan dalam membentuk<br>generasi yang lebih sadar, terbuka, dan mampu menghadapi isu-isu seksualitas dengan<br>bijak. Diharapkan dapat memberikan implikasi terhadap penurunan kasus pelecehan<br>pada anak.</p> 2025-02-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/jurnalcontiguity/article/view/4723 Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YAI Jakarta 2025-04-30T11:05:49+07:00 Arie Rihardini Sundari arie.rihardini@upi-yai.ac.id Febi Herdajani febi.herdajani@upi-yai.ac.id Tanti Susilarini tanti.susilarini@upiyai.ac.id <p>Dengan kondisi alam yang rentan terjadi bencana, Indonesia sangat membutuhkan tenaga relawan<br>profesional yang siap dan siaga terhadap tanggap darurat bencana. Penting untuk melengkapi<br>sumber daya mendasar yang diperlukan untuk tercapainya tujuan tersebut. Perilaku Prososial<br>merupakan sumber daya penting bagi profesi relawan, dimana mahasiswa diharapkan dapat<br>mengambil posisi strategis di dalamnya. Mendukung hal itu, dibutuhkan kompetensi lainnya yang<br>menunjang kinerja relawan agar dapat maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran<br>empati, bersyukur dan hardiness pada perilaku prososial mahasiswa fakultas psikologi UPI YAI<br>Jakarta. Sampel penelitian berjumlah 174 orang mahasiswa, yang dipilih menggunakan teknik<br>purposive sampling. Data dikumpulkan melalui skala model likert yang mencakup skala empati,<br>skala bersyukur, skala hardiness dan skala perilaku prososial. Pengolahan data penelitian ini<br>dilaksanakan melalui JASP 0.18.3.0 for windows. Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa<br>empati, bersyukur dan hardiness berperan secara berpengaruh terhadap perilaku prososial<br>mahasiswa sebesar 69,1% (R2=0,691; F=126,492; p&lt;0,001); didominasi oleh empati sebesar 64,5%,<br>diikuti oleh hardiness dan kontribusi 30,9% lainnya berasal dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti<br>dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil kategorisasi, perilaku prososial dan empati mahasiswa<br>ditemukan sebagian besar pada tingkatan tinggi</p> 2025-02-28T00:00:00+07:00 Copyright (c)