Pendampingan Pengembangan Kemandirian Anggota Karang Taruna Kelurahan Pancoranmas Kota Depok Melalui Metode Komunikasi Pemasaran Bisnis Online

  • Siti Maryam
  • Danis Tri Saputra Wahidin
Keywords: Bisnis Online, Metode Komunikasi Pemasaran, Pengembangan Kemandirian

Abstract

Tulisan ini merupakan jejak rekam pengabdian masyarakat pada anggota Karang Taruna
Kelurahan Pancoranmas Kota Depok yang berhasil mengembangkan pemasaran Bisnis online
dan mendapatkan pendapatan tambahan untuk menghidupi kebutuhannya dan keluarganya
sehingga bisa hidup dengan lebih mandiri. Dengan metode komunikasi pemasaran yang tepat
dan efisien, 60% peserta pelatihan dan pendampingan metode komunikasi pemasaran online
dapat meningkatkan pendapatannya lebih dari 10% dari pendapatan awalnya. Peserta yang
bisnisnya berkembang dengan metode pemasaran promosi menggunakan facebook dan
instagram sebesar 80% dan yang menggunakan media promosi website kurang berkembang
karena jumlah varian usaha yang banyak dan sedikitnya pengunjung website. Selain itu,
kurangnya pengunjung terhadap media website menjadi penyebab utama mengapa media
website kurang mampu memasarkan bisnis onlien anggota Karang Taruna dengan baik.

Published
2019-11-12