Pendampingan UMKM CHIPAO Dimsum di Alam Sutera
Abstract
ABSTRAK
Industri makanan dan minuman tidak hanya bergerak di perusahaan, tetapi juga bergerak
di Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM. UMKM adalah
sebuah usaha yang dijalankan, dikelola, dan dimiliki oleh perorangan atau badan usaha
yang telah memenuhi kriteria dan syarat-syarat sebagai usaha mikro. Untuk
mempertahankan UMKM di industri makanan dan minuman, diperlukannya memiliki
strategi promosi. Sebagai mahasiswa program Studi Pariwisata, penulis mendapati bahwa
UMKM CHIPAO Dimsum perlu pembimbingan untuk mengembangkan promosi agar
dapat meningkatkan penjualan dan dapat bersaing dengan usaha lain. Metode penelitian
yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, lalu
menganalisis data hasil observasi. Hasil dari upaya tersebut adalah pemilik usaha
termotivasi untuk bergerak secara maksimal dalam promosi usahanya.
ABSTRACT
The food and beverage industry is not only engaged in companies, but also in Micro,
Small and Medium Enterprises or what is commonly called MSMEs. MSME is a business
that is run, managed, and owned by an individual or business entity that has met the
criteria and requirements as a micro business. To maintain MSMEs in the food and
beverage industry, it is necessary to have a promotional strategy. As a student of the
Tourism Study program, the author finds that CHIPAO Dimsum MSMEs need guidance to
develop promotions in order to increase sales and be able to compete with other
businesses. The research method used by the author is qualitative research by making
observations, then analyzing the data from the observations. The result of these efforts is
that the business owner is motivated to move optimally in the promotion of his business.