Pelatihan Produksi Konten Promosi Di Media Sosial Kelompok Wanita Tani (KWT) D’Shafa

  • Meisyanti
  • Velantin Valiant
  • Erna Mariana Susilowardhani
  • Ratih Kurnia Hidayati
  • R. Hario Sulistianto
  • Diin Fitri Ande
Keywords: Produksi Konten Promosi, Media Sosial, Kelompok Wanita Tani D’Shafa, Malaka Sari

Abstract

ABSTRAK
Kelompok Wanita Tani (KWT) D’Shafa yang menjadi mitra dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memiliki salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota melalui kegiatan pertanian. Kelompok Wanita Tani (KWT) D’Shafa selain bertani juga menjual hasil panen sayuran dan tanaman kepada masyarakat serta berbagai jenis olahan dari hasil panen tersebut. Namun dalam mempromosikannya Kelompok Wanita Tani (KWT) D’Shafa mengalami permasalahan yaitu masih minimnya pemahaman dan keterampilan dari para anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) D’Shafa yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga dalam menggunakan media sosial dan memproduksi konten promosi. Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini Tim PKM menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner yang digunakan untuk membantu dalam mengidentifikasi permasalahan dan menyusun bahan materi pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman, kemampuan dan keterampilan anggota pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT) D’Shafa dalam mengelola media sosial dan memproduksi konten promosi sehingga konten yang dihasilkan dapat menarik dan efektif dalam menjangkau khalayak.

 

ABSTRACT
One of the objectives of the Women Farmers Group (KWT) D'Shafa, a partner in the Community Service (PKM) program, is to enhance the welfare of its members via agricultural endeavours. The Women Farmers Group (KWT) D'Shafa distributes its harvests of plants and vegetables to the locals in addition to farming, as well as a variety of processed goods. Nevertheless, the Women Farmers Group (KWT) D'Shafa encountered difficulties in promoting it, chiefly due to the members' lack of knowledge and expertise in using social media and creating promotional content. The group is primarily composed of housewives. In order to identify issues and create training materials, the PKM Team employed data gathering methods in this Community Service (PKM) activity, including observation, interviews, literature reviews, and questionnaires. As a result of this activity, the Women Farmers Group (KWT) D'Shafa members gained more knowledge, competence, and understanding of social media management and creating promotional content that would appeal to and effectively reach the target audience.

Published
2025-07-01