Pemberdayaan Peserta Didik SMP Sekolah Master Indonesia Depok Dalam Menghadapi Perkembangan Iptek

  • Marina Ery Setiyawati
  • Nilla Agustina S.A
  • Mayla Calista Dwi
  • Amalia Fakhriah
  • Dyah Ayu Lativa

Abstrak

ABSTRAK
Dalam upaya mewujudkan visi "Indonesia Emas 2045", pemerintah berkomitmen menghadapi dua fokus utama, yaitu transformasi digital dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Kegiatan pengabdian ini mengidentifikasi beberapa tantangan seperti kesenjangan ekonomi, dampak negatif teknologi peserta didik, kurangnya edukasi etika dan keagamaan terhadap penggunaan teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan melibatkan 49 peserta. Sosialisasi Strategi Menghadapi Perkembangan IPTEK Peserta didik SMP Master Indonesia proyek yang dilaksanakan dengan mengimplementasikan pilar pembangunan manusia dan penguasaan IPTEK, dengan sub tema Percepatan Pendidikan Rakyat Indonesia Secara Merata. Bertujuan mempersiapkan peserta didik agar mampu beradaptasi dengan transformasi digital. Kegiatan sosialisasi ini berfokus peningkatan pendidikan digital yang berkualitas. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan pembelajaran interaktif dan pengumpulan data, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara, survei. Meskipun dihadapkan beberapa hambatan, kegiatan sosialisasi ini berhasil meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang perkembangan IPTEK, dan pemahaman peran teknologi dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk generasi muda dalam mencapai tujuan transformasi digital, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

ABSTRACT
In order to achieve the vision of “Indonesia Emas 2045”, the government is committed to addressing two main focuses: digital transformation and improving the quality of human resources through quality education. This community service activity identified several challenges such as economic disparity, the negative impact of technology on students, and the lack of ethical and religious education in the use of technology. This activity was carried out on October 20, 2023 at Sekolah Master Indonesia, involving 49 participants. The project “Socialization of Strategies to Deal with the Development of Science and Technology for Junior High School Students at Sekolah Master Indonesia” is a project implemented by integrating the pillars of human development and mastery of science and technology, with the subtheme of Accelerating Education Equity for the People of Indonesia. The project aims to prepare students to adapt to digital transformation. This socialization activity focuses on improving quality digital education. It involved interactive learning and data collection, supported by qualitative and quantitative approaches through observation, interviews, surveys, and data analysis. Despite
facing some obstacles, this socialization activity succeeded in increasing students' knowledge about the development of science and technology and understanding the role of technology in society. Therefore, this activity is the first step for the younger generation in achieving the goal of digital transformation and improving the quality of human resources in Indonesia.

Diterbitkan
2025-07-01