Upaya Peningkatan Kompetensi Masyarakat Sekolah Di Kecamatan Muara Gembong Bekasi Melalui Pelatihan Pembuatan Pelengkap Busana Outerwear
Abstrak
ABSTRAK
Pakaian luar (outerwear) pada seragam sekolah tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh dari cuaca,
tetapi juga berperan sebagai identitas siswa dan sekolah. Pelatihan pembuatan outerwear sebagai pelengkap
seragam di SMP Islam Madinatul Ilmi adalah bagian dari kegiatan tridarma perguruan tinggi, khususnya
pengabdian masyarakat, yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Permasalahan yang dihadapi adalah
belum adanya elemen seragam yang mencerminkan identitas sekolah, serta keterampilan yang diajarkan
masih terbatas pada anyaman makrame untuk mendukung keterampilan dalam bidang tanaman apotik hidup.
Tujuan utama dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa serta
guru dalam membuat busana outerwear berupa vest, yang dapat menjadi alternatif elemen seragam sebagai
identitas sekolah. Selain itu, kegiatan ini bertujuan memotivasi siswa dan guru untuk mengembangkan desain
seragam sekolah dalam bentuk outerwear sebagai bagian dari seragam sekolah. Metode yang digunakan
dalam kegiatan ini terdiri dari tiga tahap: persiapan (observasi lokasi dan komunikasi dengan mitra),
pelaksanaan (pembekalan dan pelatihan pembuatan outerwear), dan evaluasi (umpan balik dari peserta
mengenai pelatihan).
ABSTRACT
Outerwear on school uniforms not only functions as a body protector from the weather, but also acts as an identity for students and the school. Training in making outerwear as a complement to uniforms at SMP Islam Madinatul Ilmi is part of the tridharma activities of higher education, especially community service, which is carried out by lecturers and students. The problem faced is that there are no uniform elements that reflect the identity of the school, and the skills taught are still limited to macrame weaving to support skills in the field of living pharmacy plants. The main objective of this community service activity is to improve the knowledge and skills of students and teachers in making outerwear in the form of vests, which can be an alternative element of the uniform as a school identity. In addition, this activity aims to motivate students and teachers to develop
school uniform designs in the form of outerwear as part of the school uniform. The methods used in this activity consist of three stages: preparation (location observation and communication with partners), implementation (provision and training in making outerwear), and evaluation (feedback from participants regarding the training).