MANAJEMEN KONFLIK PADA LAYANAN PT. PEGADAIAN

  • Kuswanti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Lutfiah Nurahmawati Putri Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ilham Kodratul Alam Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Marhalinda Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Maya Syafriana Efendi Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen konflik dalam lingkungan kerja pada PT. Pegadaian
Cabang Salemba, yang mencakup kantor Pegadaian Konvensional dan kantor Pegadaian Syariah.
Konflik dalam organisasi, baik antar individu maupun kelompok, merupakan hal yang tidak
terhindarkan dan membutuhkan pengelolaan yang efektif untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif.
Studi ini mengacu pada teori manajemen konflik Thomas dan Kilmann, yang membagi konflik menjadi
lima gaya: kompetisi, kolaborasi, kompromi, dan menghindar, serta mengakomodasi. Metodologi
penelitian melibatkan observasi lapangan dan wawancara singkat pada 75 karyawan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya menghindar paling sering digunakan dalam menghadapi
konflik di lingkungan kerja, diikuti oleh kompromi, mengakomodasi, kolaborasi, dan kompetisi. Selain
itu, Divisi penanganan konflik yang dimiliki perusahaan berperan penting dalam mendukung
manajemen konflik yang efektif. Penelitian ini menarik kesimpulan bahwa konflik tidak selalu bersifat
negatif, dengan pengelolaan yang tepat, konflik dapat meningkatkan efisiensi dan rasa kewargaan
karyawan di tempat kerja.
Kata kunci:,,

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-27
How to Cite
Kuswanti, Putri, L. N., Alam, I. K., Marhalinda, & Efendi, M. S. (2024). MANAJEMEN KONFLIK PADA LAYANAN PT. PEGADAIAN. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 203-207. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v8i2.4319