Pengaruh Kualitas Produk Kopi Starbuck Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen
Abstract
Peneliti tertarik mengamati persaingan ketat yang dijalani para pebisnis kopi dengan semakin menjamurnya kafe atau coffee shop di Jakarta. Salah satu merek yang sudah ternama di bisnis kopi yakni Starbucks, kedai kopi asal Amerika Serikat. Keberhasilan perusahaan dalam memenangkan persaingan ketat dengan para kompetitornya membuat perusahaan tersebut semakin kuat. Mengusung pendekatan kuantitatif, penulis mengangkat tiga variabel yakni Kualitas Produk (X1); Kualitas Layanan (X2) serta Loyalitas Konsumen (Y) yang dianalisis melalui Teori Konsistensi Afektif Kognitif dengan asumsi bahwa komponen afeksi senantiasa berhubungan dengan komponen kognisi dan hubungan tersebut dalam keadaan konsisten. Dengan mengandalkan metode purposive sampling, penyebaran kuesioner dibagikan kepada 100 followers (dari total 1.700.000 followers per 20 Agustus 2024) @starbuckindonesia yang berada di Jakarta. Sebagai hasil penelitian, ditemukan Terdapat hubungan yang kuat dan pengaruh positif serta pengaruh yang signifikan secara simultan diantara keseluruhan variabel.
Kata Kunci: Produk, layanan, loyalitas konsumen, starbucks, Teori Konsistensi Afektif- Kognitif