ANALISIS PERSONAL INTEREST DAN AWARENESS KONSUMEN DALAM MEMBENTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE
Abstrak
Kajian akan personal interest dan awareness konsumen yang memadukan antara
pendekatan subjektif (melalui beragam exposure) dan pendekatan objektif, masih belum
mendapatkan perhatian dari para peneliti. Penelitian ini berupaya mengisi kesenjangan tersebut,
melalui pengukuran ulang yang akan memvalidasi model pengambilan keputusan konsumen,
studi kasus pada pengambilan keputusan pembelian konsumen di toko online. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pencarian informasi, personal interest
dan kesadaran konsumen terhadap pengambilan keputusan konsumen melakukan pembelian
secara online. Populasi konsumen yang telah memutuskan melakukan pembelian melalui toko
online, termasuk ke dalam populasi tak terbatas atau tak terhingga (infinite population). Sampel
penelitian ini berukuran 197 responden, ditetapkan secara tidak acak, yakni secara convinience
sampling sebagai bagian dari teknik non-probability sampling. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa terdapat cukup bukti bahwa terdapat pengaruh positif dari personal interest terhadap
pengambilan keputusan konsumen. Sedangkan pencarian informasi dan awareness konsumen
tidak memiliki cukup bukti mampu mempengaruhi pengambilan keputusan.