PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN KIT IPA OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI BEBERAPA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PADANG UTARA DAN NANGGALO KOTA PADANG

  • Erwinsyah Satria
  • Syafni Gustina Sari
Keywords: alat peraga dan KIT IPA, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengungkap ketersediaan alat peraga dan KIT IPA di
sekolah, penggunaan, dan kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga dan Kit IPA SD dalam
pembelajaran di SD terutama di kelas tinggi. Karena kebanyakan guru-guru di SD dalam pembelajaran IPA
jarang menggunakan alat peraga dan KIT IPA agar siswa lebih paham, tertarik dan senang dalam belajar.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di beberapa SD Negeri yang berada di Kecamatan
Padang Utara dan Nanggalo kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
menggunakan teknik pengamatan langsung ke sekolah melihat penggunaan dan ketersediaan alat peraga dan Kit
IPA. Selain itu teknik wawancara juga dilakukan dengan beberapa informan yang berkaitan seperti guru kelas,
kepala sekolah, dan teknik dokumentasi guna menunjang data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat rata-rata 55% guru yang menggunakan alat peraga dan 40% guru yang menggunakan KIT IPA
dalam pembelajaran, terdapat rata-rata sebanyak 60% alat peraga yang tersedia dan 52.5% KIT IPA yang
tersedia di sekolah, dan terdapat rata-rata 55% guru yang mampu menggunakan alat peraga dan 42.5% guru yang
mampu menggunakan KIT IPA di Sekolah Dasar Kecamatan Padang Utara dan Nanggalo kota Padang.
Disarankan agar beberapa sekolah memperbaharui dan melengkapi alat peraga dan KIT IPA di sekolahnya, dan
perlu diadakan pelatihan guru-guru se-Kecamatan Padang Utara dan Nanggalo untuk meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan guru dalam menggunakan alat peraga dan KIT IPA agar pembelajaran IPA lebih menarik,
menyenangkan, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2018-02-02