BERBAGAI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK FASHION (STUDI PADA KONSUMEN E-COMMERCE C2C SOPHEE)

  • Fanni Husnul Hanifa
Keywords: Faktor Internal, Marketing, Perilaku Konsumen, Analisis Faktor, KMO dan Bartlett’s test

Abstract

Menurut survei Nielsen, Penetrasi telepon seluler di wilayah perkotaan Indonesia mencapai 88%. Nielsen
juga mengatakan setidaknya enam dari sepuluh konsumen Indonesia (61%) menggunakan telepon seluler untuk
berbelanja secara online. Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, sebanyak 77,81% pengguna internet di
Indonesia mencari informasi mengenai barang atau jasa yang dibutuhkan. Asosiasi E-Commerce Indonesia
menyebutkan bahwa fashion adalah produk yang paling banyak dibeli secara onlie. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen produk fashion
pada e-commerce c2c Shopee. Adapun yang menjadi variabel yang diteliti adalah faktor internal yang terdiri
dari budaya, individu, sosial dan psikologis dan faktor pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan
distribusi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan
KMO dan Bartletts Test dan pengecekan anti images matrices. Hasil penelitian ini adalah sebanyak 7 varibel
termasuk dalam faktor 1, 4 variabel masing-masing termasuk dalam faktor 2 dan 3, 3 variabel termasuk dalam
faktor 4 dan 1 variabel masing-masing temasuk dalam faktor 6 dan 7.

Published
2018-02-02