PENERAPAN METODE AHP DALAM MEMILIH MARKETPLACE E-COMMERCE BERDASARKAN SOFTWARE QUALITY AND EVALUATION ISO/IEC 9126-4 UNTUK UMKM

  • Angga Setiyadi
  • Richi Dwi Agustia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem pendukung keputusan untuk menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif sistem E-Commerce yang ada dengan menggunakan metode AHP untuk membantu para pelaku UMKM. Metode AHP digunakan untuk mendukung keputusan para pelaku UMKM dalam menentukan marketplace E-commerce mana yang akan dijadikan sebagai media promosi paling cocok sesuai dengan kriteria yang diperlukan. Adapun penentuan kriteria didalam struktur hirarki AHP ditentukan melalui ukuran kualitas dalam penggunaan sebuah sistem dengan menggunakan kriteria standarisasi ISO/IEC 9126-4 model quality in use terhadap tiga buah sistem marketplace yang paling sering diakses oleh pengguna internet Indonesia sampai pada bulan mei 2018 berdasarkan dari data statistik alexa. Data penilaian didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada para pelaku UMKM yang kemudian diolah dan dilakukan pengujian dengan menggunakan AHP. Untuk menguji apakah hasil pengolahan dan penghitungan yang dilakukan secara manual itu benar, maka dilakukan implementasi dengan menggunakan bantuan software Expert Choice untuk melihat nilai perbandingan dan kesesuaian dari hasil keputusan akhir yang didapatkan. Hasil akhir penelitian berupa urutan alternatif dari sistem marketplace E-Commerce sesuai dengan penilaian para pelaku UMKM. Berdasarkan hasil implementasi tersebut maka penerapan metode AHP ini dapat memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan untuk menentukan sistem marketplace E-Commerce yang paling sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran produk industri kreatifnya

Diterbitkan
2018-11-16