ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI (ADVERTISING) DAN HARGA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK DAMN! I LOVE INDONESIA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh periklanan (advertising) terhadap tingkat penjualan Damn! I Love Indonesia; (2) pengaruh harga terhadap tingkat penjualan Damn! I Love Indonesia (3) pengaruh periklanan (advertising) dan harga terhadap tingkat penjualan Damn! I Love Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penarikan sampel berdasarkan pertimbangan (Purposive/Judgmental Sampling) dengan periklanan (X1) danĀ harga (X2) sebagai variabel bebas dan tingkat penjualan sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah data harga jual, data biaya periklanan dan data penjualan untuk tahun 2009-2013. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y=-105087,258 + 88,440X1 -1144,641X2 + e. Dari persamaan tersebut diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh positif antara periklanan (advertising) terhadap tingkat penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien regresi periklanan sebesar 88,440 sedangkan harga memberikan pengaruh negatif terhadap tingkat penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien regresi biaya promosi sebesar -1144,641; (2) terdapat pengaruh signifikan antara periklanan terhadap tingkat penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai thitung(12,435) >ttabel (1,729)dengan tingkat signifikansi 0,05 dan tidak terdapat pengaruh signifikan antara harga terhadap tingkat penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai thitung(0,599) <ttabel (1,729) dengan tingkat signifikansi 0,557; (3) terdapat pengaruh positif antara periklanan dan harga terhadap volume penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai Fhitung (83,734)>Ftabel (3,59) dengan tingkat signifikansi 0,000.