KOMODITAS PRODUK RELIGIUS SEBAGAI PEMANTIK IDENTITAS KELOMPOK DI MEDIA SOSIAL
(Studi-Komunitas WhatsApp Renungan Harian Rm. Sandjaja-Yogyakarta)
Keywords:
Komoditas, Religius, WhatsApp, Renungan Harian, Komunikasi
Abstract
Tindakan komunikasi tidak pernah dapat dipisahkan dari perbuatan manusia. Bahkan komunikasi yang dilakukan antar individu tersebut telah menjadi identitas mereka sendiri. seperti yang tampak dalam komunikasi interpersonal dalam group renungan rohani harian Romo Sandjaja pada aplikasi WhatsApp itu sendiri menjadi symbol pergerakan dan identitas, dimana komunitas mereka dalam segala aspek apaun tetap menjalin hubungan. Terlepas dari itu semua, disatu sisi keberadaan group pada WhatsApp itu sendiri mengundang pelbagai reaksi dan pendapat. Maka, mengacu pada hal tersebut, tulisan ini hendak mengulas secara deskriptif mengenai bagaimana reaksi dan tanggapan anggota group tersebut terhadap dinamika keberadaan group ini.