PENGARUH KONTEN REVIEW SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY A72 DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT
(Survey pada penonton channel Youtube GadgetIn)
Abstract
Pada saat ini hampir sebagian besar orang menggunakan smartphone pada kehidupan sehari-hari untuk kebutuhan bertukar informasi atau berbagi informasi dengan orang lain menggunakan media sosial. Dewasa ini banyak sekali pembuat konten yang aktif di media sosial Youtube sehingga banyak video yang telah diunggah salah contoh videonya adalah tentang review smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten review smartphone Samsung Galaxy A72 di Youtube terhadap minat beli masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penilaian sosial dan model AIDDA. Adapun konsep yang saya gunakan antara lain komunikasi, komunikasi persuasif, media baru, Youtube, ulasan, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif dan menggunakan metode survey sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah penonton konten review smartphone Samsung Galaxy A72 di channel Youtube GadgetIn sejumlah 1.184.409 orang dan yang menjadi sampel penelitian sejumlah 100 sampel yang diperoleh dengan rumus Slovin. Uji Korelasi menunjukkan hasil sebesar 0,734, nilai koefisien determinasi sebesar 53,9% dan diketahui hasil perhitungan uji t sebesar 10,714 > ttabel sebesar 1,6605, lalu diperoleh persamaan regresi Y=12,851+0,950X. Dari hasil analsisa data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh konten review smartphone Samsung Galaxy A72 di Youtube terhadap minat beli masyarakat.