Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi

  • Melly Septia Pardianti Universitas Persada Indonesia YAI
  • Velantin Valiant S Universitas Persada Indonesia YAI
Keywords: Konten, Tiktok, Media Informasi

Abstract

TikTok adalah salah satu platfrom media sosial yang perkembangannya paling cepat didunia. Aplikasi TikTok juga digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia, termasuk publik figur. seperti pada akun @iben_ma yang mengemas konten informasi edutaiment, akun @iben_ma mendapatkan respon positif dari audience karena mengemas konten informasi menjadi edutaiment. Penelitian ini menggunakan teori media baru dan ada beberapa konsep yang terkait dengan penelitian ini, yaitu komunikasi, media sosial, pengelolaan, konten, TikTok, media informasi, pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitain deskriftif dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi dan kepustakaan. key informan konten kreator pemilik akun @iben_ma serta informan team pemilik akun. Keabsahan data yang dilakukan melalui triangulasi metode. Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis bahwa unsur-unsur komunikasi seperti sumber, pesan,media, penerimaan, efek, dan umpan balik sangat penting dibutuhkan pada pengelolaan konten TikTok sebagai media informasi yang edukatif (studi deskriftif pengelolaan konten pada akun @iben_ma) karena unsur komunikasi sangat bermanfaat pada saat penyampaian isi konten , agar terciptanya komunikasi yang efektif.

Published
2022-08-21