Pengaruh Penempatan Produk Kopiko (Merek Lokal) Pada Drama Korea Vincenzo Terhadap Sikap Penonton Indonesia
Survei Pada Pengikut Akun Twitter @Kdrama_Menfess
Abstract
Penempatan produk Kopiko (produk asli Indonesia) pada drama Korea Vincenzo banyak dibicarakan di media sosial, salah satunya media sosial Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pergeseran strategi periklanan dengan menggunakan penempatan produk yang diterapkan pada drama Korea. Penelitian berfokus pada bagaimana sikap positif penonton Indonesia setelah melihat adanya penempatan merek lokal dalam program televisi Korea Selatan. Untuk menganalisis penelitian ini digunakan model AISAS. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat pengaruh antara penempatan produk Kopiko (merek lokal) pada drama Korea Vincenzo sebesar 24% terhadap sikap penonton Indonesia, tetapi aspek konatif pada sikap penonton Indonesia pada penelitian ini belum terlihat. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih mendalam mengenai variabel atau faktor- faktor lain yang belum diteliti dengan sudut pandang yang berbeda.