Strategi Komunikasi Pemandu Wisata Trekking Sentul Dalam Melayani Wisatawan Di Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor
Abstract
Dalam bidang pariwisata terdapat pihak yang biasa disebut dengan tour leader, tour guide atau pemandu wisata. Strategi komunikasi merupakan hal dasar yang perlu disusun untuk kemudian diaplikasikan dalam suatu organisasi ataupun masing-masing individu agar tujuan yang mereka maksud dapat tersampaikan dengan baik. Dengan adanya strategi komunikasi yang pemandu wisata susun dari menjadi komunikator yang kredibel, menyusun pesan yang mudah dimengerti, atau bahkan dengan menggunakan media untuk mempermudah menyampaikan pesan tersebut tentunya hal ini dilakukan agar para wisatawan mengerti dan mendapatkan kepuasan saat melakukan perjalanan wisata trekking. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengidentifikasi strategi komunikasi pemandu wisata trekking Sentul dalam melayani wisatawan di Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi komunikasi pemandu wisata trekking dalam melayani wisatawan dilihat dari komponen komunikasi sudah tersusun dan berjalan dengan baik. Agar lebih baik lagi diperlukan peningkatan kompetensi keahlian pemandu wisata trekking dan konsistensi menerapkan strategi komunikasi yang dilakukan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan dan kenyamanan wisatawan. Dalam pelaksanaan strategi ini juga diperlukan monitoring dan evaluasi serta sinergi dengan pemangku kepentingan lainnya termasuk di bidang pemerintahan dan kebencanaan alam yang berada di sekitar area lokasi trekking.