Pengaruh Media Sosial Instagram @Folkative Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

  • Moch. Ilham Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
  • Ririh Dwiantari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
Keywords: Instagram, Kebutuhan Informasi, Media Sosial, Pengaruh

Abstract

Teknologi tumbuh pesat di era globalisasi, membantu meningkatkan efisiensi waktu sehari-hari.
Penggunaan teknologi dalam berbagai aktivitas kita memainkan peran penting dalam hal ini.
Internet adalah alat komunikasi dan pertukaran informasi yang krusial di masyarakat modern,
memberikan tempat bagi berbagi dan memperoleh pengetahuan. Media sosial adalah salah satu
bentuk dari perkembangan teknologi internet. Instagram merupakan salah satu dari berbagai jenis
media sosial di internet. Folkative adalah platform media daring yang menggunakan akun
Instagram untuk mengenalkan perusahaannya kepada generasi muda. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana permintaan informasi pengikut dipengaruhi
oleh akun Instagram @folkative dengan mempertimbangkan latar belakang penelitian yang telah
diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah akun Instagram @folkative
berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan pengikutnya. Penelitian ini menggunakan
perspektif positivism dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan data terukur untuk
menjelaskan dan menguji kejadian secara objektif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini
adalah pengguna Instagram yang mengikuti akun Instagram @folkative. Dalam penelitian ini,
100 peserta digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Kriteria yang diambil adalah
pengguna Instagram yang mengikuti akun @folkative. Guna menentukan ukuran sampel untuk
penelitian ini, Rumus Slovin digunakan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat
pengaruh yang cukup kuat antara penggunaan media sosial dengan kebutuhan informasi. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara penggunaan media
sosial dengan kebutuhan informasi

Published
2024-04-17