Sudden Crisis Pada Dnr Corporation Dan Strategi Langkah Public Relations Dalam Menanganinya
Abstract
Pada aktivitas bisnis suatu perusahaan, tentunya akan hadir sebuah krisis yang berjalan seiring dengan aktivitas bisnisnya. Salah satu tantangan terbesar dalam aspek krisis adalah ketika munculnya sudden crisis yang bisa memberikan dampak secara langsung kepada unit usahanya tersebut. Dalam hal ini, DNR Corporation sebagai salah satu perusahaan swasta di Indonesia mendapati sebuah kejadian krisis yang memerlukan sebuah penanganan komunikasi yang terarah agar krisis tersebut dapat diredam dengan baik. Pada perjalanannya, Public Relations sebagai bagian dari komunikasi perusahaan juga perlu menerapkan langkah strategis agar metode penanganannya dapat berjalan dengan baik ditengah situasi krisis. Pada penelitian ini, pendekatan metode kualitatif dilakukan dengan menerapkan teori Public Relations beserta aspek langkah-langkah strategis yang berada dalam lingkupnya. Dalam langkah strategis yang dijalankan, Public Relations dari DNR Corporation melakukan beberapa langkah seperti mendefinisikan permasalahan krisis, perencanaan dengan beberapa divisi di dalam perusahaan, dan mengambil tindakan lewat penyebaran berita siaran pers ke media hingga komunikasi menggunakan media sosial perusahaan sebagai sarana untuk mengatasi kejadian krisis tersebut.