ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI INDONESIA UNTUK PENYAMPAIAN ASPIRASI POLITIK
Abstrak
Media sosial di Indonesia sejak 2009 telah digunakan untuk penyampaian aspirasi politik oleh warganet. Dalam kajian Manuel Castells, ini adalah wujud transformasi komunikasi dari komunikasi massa (mass communication) ke komunikasi-diri yang dimassalkan (mass self- communication). Artikel ilmiah ini adalah hasil dari sebuah penelitian dalam bidang studi ilmu komunikasi yang dilakukan selama satu setengah tahun tentang topik yang dimaksud. Penelitian menyimpulkan bahwa pada prinsipnya media sosial benar-benar telah dimanfaatkan secara efektif untuk penyampaian pesan komunikasi berupa pesan-pesan politik, dan bahwa di Indonesia khususnya pada PilPres RI 2014, PilGub DKI 2017, dan PilPres RI 2019 telah terjadi transformasi komunikasi dari komunikasi massa (mass communication) ke komunikasi-diri yang dimassalkan (mass self-communication). Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif, berdasarkan basis penelitian etnografis.