Pola Komunikasi Interpersonal Pekerja Seks Komersil dalam Prostitusi Online di Sosial Media

(Studi Kasus di Bilangan Jakarta Pusat)

  • Ispawati Asri Widyaiswara ahli madya Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama RI

Abstrak

Pola komunikasi merupakan bagian dari proses komunikasi karena pola merupakan cara atau bentuk yang dipakai seseorang dalam menyampaikan pesan dalam proses komunikasi. Media sosial saat ini bukan saja digunakan untuk mencari teman tetapi kini tidak jarang menjadi sarana transaksi bisnis prostitusi baru. Media sosial Whatsapp merupakan salah satu media digunakan dalam praktek transaksi prostitusi online. Whatsapp PSK tidak lagi harus mangkal dijalan untuk menjajakan diri demi mendapatkan klien. Penelitian ini menggunakan pola komunikasi interpersonal yaitu model transaksional Tipe penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi dan wawancara kepada para pelaku prostitusi online yang berperan sebagai mami dan para pekerja seks komersil. Hasil dari penelitian ini dalam proses transaksi prostitusi online melalui Whatsapp terlihat pola komunikasi interpersonal yang yang terjadi antara PSK dan klien memiliki beberapa tahapan mulai dari perkenalan, keterlibatan, keakraban, perngrusakan sampai pada tahap pemutusan. Berdasarkan tahapan yang dilakukan membentuk pola komunikasi interpersonal dengan model transaksional, pola ini memiliki unsur yang kompleks dan saling mempengaruhi seperti, pesan diproses secara serempak kedua pihak yang berkomunikasi, bergantian. Proses komunikasi tidak luput dari hambatan, dalam konteks transaksi prostitusi online hambatan ditemui berupa hambatan teknis datang dari kondisi sinyal dan server dan hambatan semantic berupa perbedaan presepsi antara PSK dan klien khususnya terkait kesepakatan harga.

Diterbitkan
2022-05-03