Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Transportasi Online
Abstrak
Saat ini transportasi online menjadi berlomba untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dari kualitas layanan dan harga yang bersaing, sehingga dengan kualitas layanan dan harga yang bersaing menjadi indikator bagi kepuasan pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui besaran pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan penguna transportasi online. Dalam penelitian ini menggunakan konsep tentang kualitas layanan, harga dan kepuasan pelanggan. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram Grab Indonesia sebanyak 1.100.000 follower yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan Teknik pengambilan sampel dengan cara probability sampling dengan simple random sampling. Uji coba dilakukan kepada 30 orang responden. Teknik analisis data dengan uji korelasi linear, korelasi berganda, regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil yang diperoleh Terdapat hubungan positif yang kuat antara Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan menggunakan transportasi online Grab dengan nilai koefisien (R) sebesar 0,789. Hasil uji F menunjukkan nilai f hitung sebesar 15.543 dan nilai sig sebesar 0,000. Nilai f hitung lebih besar dari f tabel (3,09) bahwa terdapat pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan pelanggan menggunakan transportasi online Grab.