Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc
Survei pada Followers TikTok @somethincofficial
Abstrak
Saat ini salah satu media sosial yang sedang menjadi tren dikalangan masyarakat adalah TikTok dan hal tersebut membuka potensi untuk brand skincare Somethinc memanfaatkan media sosial TikTok sebagai media penyebar electronic word of mouth. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta besarnya pengaruh electronic word of mouth di media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc dengan menggunakan teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatori dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan menggunakan teknik analisis data uji korelasi Pearson Product Moment, uji regresi linear, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara electronic word of mouth di media sosial TikTok dengan indikator intensity, valence of opinion, serta content dan keputusan pembelian dengan indikator pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian memiliki nilai korelasi sebesar 0,592. Hasil koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh elecetronic word of mouth sebesar 35,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Hasil uji hipotesis menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh electronic word of mouth di media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc.