Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kalangan Mahasiswa Upn "Veteran" Jakarta

Analisis Semiotika Roland Barthes

  • Khairunisa Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Amanda Ilmi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nia Ayu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Devira Egistin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Hermina Manihuruk Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Prima Yuliani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rahmi Meldayati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ilona Oisina Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstrak

Artikel ini disusun untuk melihat bagaimana kenyataan yang dialami mahasiswa UPN "Veteran" Jakarta dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui peluang apa saja yang bisa diraih dari adanya Kurikulum Merdeka Belajar pada mahasiswa serta tantangan apa saja yang dihadapi saat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. Hal ini dimaksudkan agar dapat membantu pemerintah dalam menganalisis apakah kurikulum ini memang efektif dan efisien untuk meningkatkan mutu pendidikan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam memperoleh hasil data yaitu dengan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan survei Google Form yang nantinya dijabarkan secara deskriptif. Hasil data yang diperoleh yaitu berupa pandangan mahasiswa mengenai sosialisasi dari kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar yang dirasa sudah merata, efektivitas, serta hambatan yang dialami mahasiswa UPN "Veteran" Jakarta dalam beradaptasi serta peluang apa yang dihasilkan kurikulum ini. Terakhir, peneliti memperoleh data mengenai pandangan Mahasiswa UPN "Veteran" Jakarta mengenai fleksibilitas yang ditawarkan oleh Kurikulum Merdeka Belajar dalam memilih pembelajaran berdasarkan minat dan bakat, yang sebagian besar mendukung adanya fleksibilitas tersebut.

Diterbitkan
2023-11-26