PKM KELOMPOK USAHA KERUPUK OPAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS HASIL PRODUKSI SERTA PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN

PKM KELOMPOK USAHA KERUPUK OPAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS HASIL PRODUKSI SERTA PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN

  • Putri Madona
  • Hamdani Arifulsyah
Keywords: PKM, Kerupuk Opak, Mesin Parut, Oven Pengering, ijin P-IRT

Abstract

Kerupuk opak yang terbuat dari ubi ini adalah salah satu jajanan tradisional di wilayah
Pekanbaru dan sekitarnya. Desa Umbansari terletak di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, 1
km dari Kampus Politeknik Caltex Riau. Di Desa ini terdapat beberapa pengusaha Kerupuk Opak
yang sebagian besar dikelola oleh Ibu Rumah Tangga (IRT). Melimpahnya bahan baku ubi kayu di
desa umbansari, memberikan kesempatan dan peluang bagi masyarakat sekitar untuk
memanfaatkan ubi dan mengolahnya menjadi kerupuk opak sebagai usaha rumahan yang dapat
meningkatkan penghasilan keluarga. Keterbatasan modal usaha menyebabkan usaha pembuatan
kerupuk opak ini dijalankan dengan sangat sederhana. Jika musim hujan tiba, hampir sebagian
besar pembuat kerupuk opak ini merugi, karena opak yang dibuat tidak kering bahkan rusak dan
menghitam sehingga tidak layak jual. Di samping itu pemasaran kerupuk opak juga sangat terbatas
pada warung-warung tertentu dan sangat tergantung pada permintaan musiman dari pelanggan.
Dalam pelaksanaan PKM ini,solusi yang sudah dilakukan adalah : 1. Pembuatan tempat penjemur
opak, 2. Kawat penjemur, 3. Mesin parut ubi, 4. Hand Sealer, 5. Ekspansi Pasar, 6. Oven dengan
Pengontrol Suhu, 7. Plastik kemasan bermerk, 8. Pelaksanaan pelatihan keuangan sederhana dan
penentuan harga jual.

Published
2018-11-16