Pelatihan Entrepreneurial Marketing Untuk Meningkatkan Usp Dan Uvp Produk Komunitas Wirausaha Mat Peci Green Camp
Abstract
Mitra pengabdian kepada masyarakat kami adalah Komunitas Mat Peci dan Sekolah Sungai
Ciliwung. permasalahan yang muncul pada lingkungan mitra adalah yang pertama, masih minim kesadaran
serta edukasi UMKM binaan mengenai identifikasi diferensiasi serta keunikan produk masing-masing
UMKM, serta minimnya inovasi produk sehingga tidak memiliki daya saing yang tinggi dengan produk
UMKM lainnya atau produk luar negeri. Pengabdian Kepada Masyarakat yang kami jalankan melalui tiga
metode. Pertama kami menggunakan wawancara dalam menggali data permasalahan yang terjadi pada
mitra. Kedua, dengan workshop untuk meningkatkan kesadaran serta edukasi UMKM binaan mengenai
identifikasi diferensiasi serta keunikan produk masing-masing UMKM, serta meningkatkan inovasi produk
sehingga memiliki daya saing yang tinggi dengan produk UMKM lainnya atau produk luar negeri. Ketiga
yaitu dengan observasi secara daring kepada pelaku UMKM mengenai penerapan workshop. Hasil yang
ingin dicapai dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu mulai banyak tumbuhnya inovasi
produk yang memiliki USP, USP dan diferensiasi serta positioning produk sehingga produk UMKM binaan
komunitas Mat Peci memiliki daya saing yang tinggi dan diterima dengan baik di pasar