Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Guru Se-Kecamatan Jorlang Hataran Melalui Penguatan Literasi Teknologi Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

  • Nancy Angelia Purba
  • Eva Pratiwi Pane
  • Vita Riahni Saragih
  • Reagan Surbakti
Keywords: Digitalisasi, Guru, Penguatan, Literasi Teknologi, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
digitalisasi guru se-Kecamatan Jorlang Hataran Melalui Penguatan Literasi Teknologi untuk
Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Kegiatan PKM ini dilaksanakan disalah
satu Sekolah Dasar di Kecamatan Jorlang Hataran yakni SD Negeri 091473 Plus Tiga Balata.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi, pelatihan dan penerapan teknologi sederhana
berupa administrasi digital untuk mempermudah administasi guru-guru di Kecamatan Jorlang
Hataran. Metode pelaksanaan dilakukan dengan tahapan yakni (1) sosialisasi literasi teknologi dan
Kurikulum Merdeka Belajar, (2) pelatihan literasi teknologi administrasi digital serta (3)
pendampingan untuk melihat peningkatan kemampuan digitalisasi guru dengan penerapan
administrasi digital. Mitra dalam Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah para guru
yang ada di Kecamatan Jorlang Hataran berjumlah 32 responden. Hasil dari evaluasi dan kuesioner
kepuasan yang diberikan adalah rata-rata 81% para guru di SD se-Kecamatan Jorlang Hataran
menunjukkan bahwa kegiatan penguatan literasi teknologi sangat baik dan mendukung
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Published
2023-10-18