Upaya Peningkatan Kemampuan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Melalui Pemanfaatan TIK

  • Evi Syafrida Nasution
  • Sondang Maria J Silaen
  • Sularso Budilaksono
  • Kania Ratnasari
  • Euis Widiati
  • Annisa Retno Utami
Keywords: TIK, media pembelajaran, siswa, orang tua, TIK, learning media, student, parents

Abstract

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran saat ini sudah menjadi
suatu tuntutan, diharapkan guru, siswa, dan orang tua bisa menguasai beberapa media yang dapat membantu
proses pembelajaran misalnya internet, handphone, komputer dan sebagainya.Berdasarkan wawancara awal,
orang tua belum memahami bagaimana mendampingi anak belajar di rumah secara efektif. Dengan tuntutan
pembelajaran saat ini yaitu menggunakan multimedia dalam pembelajaran secara mandiri oleh siswa. Dalam
hal ini, ketika anak/siswa belajar di rumah sangat membutuhkan pendampingan orang tua terutama dalam
menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Namun ternyata, orang tua di sekitar Pantai
Carita, Banten ini sebagian besar belum memahami penggunaan TIK yang efektif dalam pembelajaran.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang
dilaksanakan dalam beberapa tahap. Pertama analisis situasi, kedua penyusunan materi pengabdian,
selanjutnya melakukan perijinan dan koordinasi dengan mitra terkait pelaksanaan pengabdian, melakukan
kegiatan penyuluhan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan pemahaman
orang tua tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

The use of Information and Communication Technology (ICT) as a learning medium has now become a
demand, it is hoped that teachers, students, and parents can master several media that can help the learning
process, for example, the internet, cellphones, computers, and so on. Based on the initial interviews, parents
do not understand how to accompany their children to study at home effectively. With current learning
demands, namely using multimedia in independent learning by students. In this case, when children/students
study at home they really need parental assistance, especially in using information and communication
technology (ICT) media. However, it turns out that most parents around Carita Beach, Banten do not
understand the effective use of ICT in learning. To overcome these problems, community service activities
have been carried out in several stages. First, analyze the situation, second, prepare service materials, then
carry out permits and coordinate with partners regarding service implementation, and carry out outreach
and evaluation activities. This activity results in an increase in parents' knowledge and understanding of the
use of information and communication technology.

 

Published
2024-02-22