Pendampingan Komunikasi Pemasaran Terpadu Berbasis Digital Storytelling Pada Kelompok Pengrajin Batik Nitik Blawong Bantul

  • Agung Prabowo UPN Veteran Yogyakarta
  • Oliver Samuel Simanjuntak UPN Veteran Yogyakarta
  • Ida Wiendijarti UPN Veteran Yogyakarta
  • Yenni Sri Utami UPN Veteran Yogyakarta
  • Yudhy Widya Kusumo UPN Veteran Yogyakarta
Keywords: Batik Nitik Blawong, digital storytelling, pemasaran digital

Abstract

Batik Nitik Blawong adalah salah satu produk batik tulis yang memiliki tradisi turuntemurun
di Desa Blawong, Bantul, Yogyakarta. Namun, industri UMKM ini
menghadapi tantangan dalam pemasaran dan inovasi produk, terutama dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan pembuatan konten digital. Melalui Program
Kemitraan Masyarakat (PKM), tim pelaksana berusaha memberikan solusi melalui
pelatihan dan pendampingan dalam produksi konten multimedia, digital storytelling,
serta manajemen pemasaran digital. Program ini diharapkan dapat meningkatkan
kualitas dan daya saing Batik Nitik Blawong di pasar yang lebih luas, meningkatkan
loyalitas konsumen, serta memastikan keberlanjutan usaha melalui penerapan
teknologi terkini dan strategi komunikasi yang efektif. Evaluasi program dilakukan
untuk menilai keberhasilan dan dampak program terhadap mitra, dengan fokus pada
peningkatan keterampilan teknis dan manajerial para pengrajin Batik Nitik Blawong.

Published
2024-11-13