PELATIHAN PEMBUATAN POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURUGURU RAUDHATUL ATHFAL (RA)

  • Nina Puspitaloka
  • Shinta Nur Hasanah
Keywords: Pelatihan, Media pembelajaran, Pop Up Book, Bahasa Inggris

Abstract

Berdasarkan hasil analisis wawancara terhadap guru-guru di RA. At- Taqwa Pakis Jaya
Karawang yang dilakukan pada bulan Agustus 2019 teridentifikasi beberapa masalah pembelajaran
di kelas, yakni: rendahnya kesadaran guru dan kurangnya pemanfaatan akan pentingnya penggunaan
media pembelajaran serta masih banyak guru yang belum memiliki keterampilan tentang
pengembangan media pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, jarak
sekolah yang letaknya cukup jauh dari perkotaan menyebabkan kurangnya guru-guru dalam
mendapatkan pengetahuan pengembangan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran
sangatlah penting untuk membuat suasana belajar yang kreatif dan imajinatif. Salah satu media yang
tepat berdasarkan prinsip tersebut adalah Pop-Up Book. Tujuan dari pelatihan ini adalah
memberikan keterampilan bagi guru-guru dalam pembuatan Pop Up Book sebagai media
pembelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Model ADDIE
yang meliputi: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Develop (Pengembangan), (4)
Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Pelatihan ini telah berhasil
memberikan solusi terhadap permasalahan dengan memperkenalkan media Pop Up Book yang
menarik dalam proses belajar mengajar.

Published
2019-11-12