Pemberdayaan UMKM Desa Wisata Lebakmuncang Melalui Pelatihan Penggunaan YouTube untuk Menemukan Ide Inovasi dan Diversifikasi Produk

  • I Gede Agus Suwartane Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Nafisah Yuliani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: UMKM, Desa Wisata, Literasi Digital, YouTube, Inovasi Produk, Diversifikasi Produk

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam penguatan ekonomi
sekaligus daya tarik desa wisata. Namun, UMKM di Desa Wisata Lebakmuncang masih
menghadapi keterbatasan literasi digital dan inovasi produk. Kegiatan pengabdian masyarakat ini
bertujuan meningkatkan kemampuan pelaku usaha memanfaatkan YouTube sebagai sumber
inspirasi ide dan diversifikasi produk. Pelaksanaan dilakukan melalui analisis kebutuhan, pelatihan
interaktif, praktik, dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan,
lahirnya ide produk berbasis potensi lokal, serta perubahan pola pikir bahwa YouTube dapat
menjadi sarana edukasi dan pemberdayaan ekonomi.

Published
2025-07-07